Bahan Katun Terbuat dari Serat Bambu, Cotton Bamboo

Cotton Bamboo

Cotton Bamboo adalah jenis kain yang berbahan dasar dari serat katun, tapi yang membedakan dari katun lainnya adalah bahan pembuatan katun itu sendiri. Umumnya serat katun terbuat dari kapas, sedangkan jenis kain yang ini bahan dasarnya adalah serat bambu. Sesuai dengan bahan dasarnya kain jenis ini dinamai Cotton Bamboo.

Dengan beberapa keunggulan, jenis kain cotton bamboo ini mengalahkan ketenaran jenis kain katun lainnya. Berikut adalah beberapa kelebihan kain cotton bamboo.

Anti Bakteri
Pada habitat asli tumbuhan bambu merupakan tumbuhan yang terhindar dari bakteri dan serangga. Bambu memiliki zat anti bakteri alami yang bernama penny quinone. Zat ini juga ditemukan dalam serat bambu yang digunakan untuk bahan kain. Karena hal inilah kaos yang terbuat dari cotton bamboo menjadi anti bakteri dan serangga seperti kutu sehingga kaos menjadi lebih awet dan tidak cepat rusak.

Daya serap tinggi dan cepat kering
Kaos yang nyaman dipakai adalah kaos yang memiliki daya serap air yang baik. Jadi saat kaos dipakai dapat menyerap keringat sehingga terasa adem dan nyaman. Akan lebih baik lagi jika bahan kain yang digunakan bisa cepat kering dan membuat kulit tetap kering. Serat bambu memang memiliki kapilaritas yang sangat baik sehingga dapat menyerap air dengan cepat dan melepasnya kembali ke udara. Hal ini membuat kaos tidak lembab dan bau apek. Pakaian dengan bahan kain seperti ini sangat cocok digunakan di daerah tropis seperti Indonesia.

Tidak menimbulkan alergi
Sebagian orang memiliki alergi tertentu terhadap bahan kain tertentu karena berbagai faktor. Beberapa faktor yang mempengaruhi alergi alergi seperti kelembaban kain yang tinggi, mudah berbau, dan mudah berkembangnya bakteri. Cotton bamboo tidak memiliki faktor-faktor tersebut sehingga lebih aman dan kecil kemungkinan menimbulkan alergi.

Tekstur kain yang lembut dan nyaman
Kain yang berbahan dasar katun memiliki tekstur yang lembut, lentur, dan mudah menyerap air. Dengan teknologi yang semakin canggih kini serat bambu yang kasar dapat dibuat menjadi kain yang lembut.

Bahan yang ramah lingkungan
Bambu merupakan tumbuhan yang sangat cepat tumbuh dan hanya membutuhkan iar hujan untuk tumbuh. Selain itu, bambu juga tidak perlu pertisida atau herbisida untuk menjaganya dari gangguan hama. Bambu juga tidak perlu lahan yang luas karena sifat tumbuhannya yang berkerumun di satu lokasi saja. Secara alami pohon bambu tidak memerlukan perlakuan khusus dalam pelestariannya.
Bahan kain dari serat bambu juga mudah terurai atau biasa disebut degradable. Sangat ramah lingkungan karena tidak meninggalkan limbah yang sulit diurai oleh alam.

Meskipun begitu cotton bamboo juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut adalah ulasannya:
Bahan bakunya sedikit lebih mahal dari cotton combed
Cenderung lebih tipis dibanding cotton combed 30’s
Sedikit pilihan warna (untuk yang ingin variasi warna yang banyak)

Serat Bambu

Kenapa Harus Katun Bambu ?

Katun bambu/cotton bamboo merupakan kain tekstil alami yang terbuat dari serat bambu. Saat ini kain katun bambu telah berkembang dan popular dalam industri clothing karena sifat dari serat kain ini yang unik dibandingkan dengan serat tekstil lainnya. Tanaman bambu sendiri memiliki karakteristik penyerap air yang baik dengan proses pemintalan saling silang serat bambu tersebut membuat jenis kain ini memiliki daya serat 4 kali lebih banyak jika dibandingkan dengan bahan full katun.

Jenis kain katun bambu memiliki banyak karakteristik, antara lain bahan dasar serat bambu itu sendiri. Serat bambu memiliki ciri khas ringan, kuat, dan antibakteri sehingga jenis kain katun bambu tidak menyebabkan alergi pada kulit pemakainya. Karakteristik lain pada katun bambu yaitu sifat isolasi terhadap kondisi alam sekitar kita, apabila musim panas akan terasa dingin dikulit ketika dipakai dan sebaliknya akan terasa hangat ketika musim dingin.

Karena jenis kain katun bambu ini tergolong bahan yang non kimia (organik) dan alami, jenis bahan kain ini bahkan bisa dipakai untuk kulit bayi. Katun bambu juga mampu membantu mengurangi bakteri yang berkembang pada pakaian yang biasa menimbulkan bau tidak sedap. Perawatan jenis bahan kain katun bambu ini juga berbeda dengan bahan kain pada umumnya. Hindari penggunaan detergent yang mengandung pemutih, kalian bisa menggunakan cairan cuka dan baking soda sebagai ganti bahan kimia pada saat pencucian. Pengeringan sendiri dapat dilakukan dengan cara digantung dan saat menyetrika gunakan temperatur panas yang rendah (low temperature).

Comments

Popular posts from this blog

Anatomy of Chef's Uniform

9 Jenis Kain Untuk Membuat Blazer

Jenis Kain dan Kegunaannya untuk Pembuatan Topi