Bagaimana Merawat 3 Bahan Jaket dengan Sifat Waterproof?

Model memakai Jaket Berbahan Micro

Jaket Waterproof dengan Bahan Micro
Pakaian yang anda miliki dengan berbagai jenis dan bahan tentunya harus dirawat berdasarkan kegunaannya dan juga sifat dari bahannya. Begitu pula jika anda memiliki jaket dengan bahan micro.
Jaket ini memiliki permukaan yang halus dan sifatnya juga kuat dan mengandung beberapa persen waterproof atau anti air.

Mencuci jaket Micro

Berikut cara merawatnya..
Pencucian
1. Langkah pertama pastilah merendam. Jika anda tidak begitu menyukai detergent cair bisa memakai detergent bubuk tetapi dengan takaran secukupnya saja. Bahan Micro termasuk jenis bahan parasut dan seperti parasut, serat micro akan mengeras jika diberi detergent yang terlalu banyak.
2. Selama direndam aduk-aduk lah jaket yang ada di ember anda supaya kotoran yang menempel terlepas, lalu kucek dengan perlahan.
3. Bilas lah dengan cara mengangkat dan merendamnya atau dengan cara ditekan, tidak perlu di peras pelintir karena bahan ini mudah mengering.
4. Jemurlah di tempat teduh agar kulitas pakaian anda terjaga.
Penyimpanan
Lebih baik digantung dan ditempat yang tidak lembap, dengan begitu jaket anda tidak akan terendap bakteri yang dapat membuat bau dan merusak kain jaket tsb.
Gantunglah jaket micro di hanger


Jaket Ripstop dan Cara Merawatnya
Jaket Ripstop
Bahan Ripstop biasanya digunakan untuk membuat case (wadah) tapi seiring berjalannya waktu menjadi populer untuk dibuat jaket.
Kain ripstop memiliki tekstur jalinan kotak - kotak dan berbahan semi-katun. Kain ripstop juga memiliki sifat waterproof sehingga sangat cocok untuk jaket di musim hujan.

bahan Ripstop anti air
Bahan ripstop sendiri sangat cocok untuk anda yang sering berada di luar rumah atau yang bekerja di lapangan karena bahannya yang tebal (cenderung setebal bahan jeans), anti air, dan juga bisa melindungi anda dari paparan sinar matahari.
Dengan berbagai sifat dan manfaat yang dimiliki bahan ripstop menjadikan kain ini memiliki cara pencucian dan perawatan yang berbeda, berikut caranya:
Pencucian
1. Balik cucian saat akan menyikat atau mengucek, hal ini dilakukan agar warna pakaian luar tidak memudar dan tetap bersih dari dalam dan luar.
2. Gunakan Detergen Cair, Jangan gunakan detergent keras untuk mencucinya kecuali untuk noda membandel. Kurang lebih setengah cup sendok takaran
Jika terkena Noda seperti :
. Tinta = Segera menggosoknya dengan alkohol
. Getah = Teteskan alkohol pada area yang terkena noda (jangan digosok)
. Lumpur = Rendam dalam air hangat, yang telah dicampur dengan detergent.
3. Jemurlah ditempat yang terkena matahari, tetapi tetap dalam keadaan terbalik, bagian dalam jaket diluar dan bagian luar didalam. Tapi jangan juga terlalu lama menjemur karena ternyata menjemur jaket yang berwana terlalu lama di panas matahari akan menyebabkan warnanya memudar dan serat terburai

Penyimpanan
Untuk penyimpanan dianjurkan untuk digantung di hanger saja dan jangan dilipat, simpanlah ditempat kering dan gantungkan pewangi atau kamper agar wanginya tetap segar dan terhindar dari jamur.

Ripstop jaket sebaiknya digantung di hanger


Jaket Taslan Waterproof, Bagaimana Cara Merawatnya?
Jaket Taslan Waterproof

Jaket Taslan seperti yang diketahui adalah bahan kain untuk pembuatan jaket outdoor yang bahannya bersifat hidropobik atau menolak air karena kain tersebut dibuat dari kimia sintetis. Kain taslan sendiri banyak dipakai untuk bahan pembuatan jaket distro. Karena bahan nya yang elegan mampu membuat tampilan jaket menjadi terlihat mewah dan berkualitas.
Jika bahan tersebut menolak air bagaimana cara mencucinya ?
Pencucian
1. Rendamlah menggunakan air kran selama 30-60 menit. Jenis air yang digunakan untuk merendam jaket bisa berupa air hangat atau air dingin yang diambil langsung keran air.
2. Gunakan sabun tanpa detergent seperti shampoo/sabun bayi. Jangan menggunakan detergent karena bahannya yang keras bisa merusak kain taslan
3. Kucek menggunakan tangan dan sikat yang berbulu lembut. Jika masih ada noda yang menempel sikatlah perlahan dan searah alur serat kain tersebut karena pori - pori kain bisa melebar jika Anda menggosoknya terlalu kasar. Saat akan menghilangkan airnya cukup dengan cara meremas atau menekannya jangan dipelintir.
4. Keringkan dengan di angin-anginkan saja. Gantung lah dengan hanger kemudian jemurlah ditempat teduh yang terkena angin, matahari bisa membuat kain ini terlihat mengkilap dan warnanya jadi tidak menarik lagi.

Taslan Jacket

Perawatan
1. Setting low-medium heat atau sett nylon synthetic pada setrika, pastikan jaket benar-benar kering dan saat menyetrika lebih baik lapisi jaket Anda dengan sapu tangan atau kain lain untuk mencegah permukaan jaket menempel dengan setrika.
2. Gantungkan pada hanger dan simpan dalam lemari, agar menghindari kusut dan menipisnya kain karena tertumpuk dengan pakaian yang lain.

Comments

Popular posts from this blog

Anatomy of Chef's Uniform

9 Jenis Kain Untuk Membuat Blazer

[Info] 6 Jenis Mesin Jahit Untuk Konveksi Seragam